GESERAN (TRANSLASI)


1.      Pengertian Translasi
Translasi adalah suatu transformasi yang memindahkan semua titik pada bidang dengan jarak yang sama dan arah yang sama.
Definisi : Suatu padanan G dinamakan suatu geseran apabila ada garis berarah   sehingga setiap titik P pada bidang menjadi G(t) = P’ dan =
Teorema 10.1
            Andaikan g dan h dua garis yang sejajar. Apabila ada dua titik A dan B maka  =   dengan A’’ = MhMg ( A ) dan B’’ = MhMg (B).
Bukti : Kita pilih sebuah sistem koordinatdengan  misalnya h sebagai sumbu y dan sebuah garis tegak lurus pada g, sebagai sumbu x.



 Andaikan A= ( a1,a2 ) dan B= ( b1 ,b2 ). Kalau N tengah-tengah ruas garis   maka harus dibuktikan SN ( A ) = B”. Andaikan persamaan h adalah x = k ( k . Apabila P = ( x,y ) dan P’ = Mh (P) maka  memotong h di sebuah titik Q

 ( k,y ) dengan Q sebagai titik  , jadi P’ = Mh P = ( 2k-xy ) sedangkan Mg P = ( -x,y ). Jadi MhMg (P) = Mh [ ( -x,y ) ] = ( 2k + x,y ).
Jadi pula A” = MhMg (A) = ( 2x + a1.a2 )
    B” = MhMg (B) = ( 2x + b1.b2 )
Oleh karena N  titik tengah , maka
N =
Sedangkan SN (A) =
SN (A)  = ( 2k + b1.b2 ) = B”
Dengan demikian maka  +
Disetiap ruas garis berarah, dengan pangkal sebuah titik dan akhir di titik petanya oleh MhMg adalah ekivalen dengan setiap garis berarah seperti di atas. Jadi hasil transformasi MhMg seakan-akan penggeser setiap titik sejauh jarak dan searah. Transformasi demikian dinamakan translasi.
Teorema 10.2 : Apabila  =   maka Gab = Gcd
Bukti : Jika X sebarang, maka harus dibuktikan GAB (X) = GCD (X).
Andaikan GAB  (X) =  X 1 dan  GCD (X) =X 2
Jadi                               =   dan   =
Karena  =  maka  =  . Ini berarti bahwa X1=X2 sehingga GAB = GCD.
Contoh :
Diberikan tiga titik A, B, dan P yang tak kolinear.
Lukisllah :
a). Titik P’ sehingga GAB (P) = P dan
b). Titik P” sehingga GAB (P”) = P
PENYELESAIAN :
a. Karena GAB (P) = P’ maka  =  atau  =  . Dengan pengetahuan ruas garis berarah,anda dapat lukis titik P’ yang memenuhi syarat di atas.
b. Karena P = GAB (P”) maka  =  atau  =  juga dengan pengetahuan anda mengenai ruas garis berarah anda dapat melukis titik P” yang memenuhi syarat di atas -size:11.0pt;line-height:150%;font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-theme-font:minor-latin;mso-fareast-font-family:Calibri;mso-fareast-theme-font: minor-latin;mso-hansi-theme-font:minor-latin;mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi;position:relative;top:24.0pt;mso-text-raise: -24.0pt;mso-ansi-language:EN-US;mso-fareast-language:EN-US;mso-bidi-language: AR-SA'>  . Dengan pengetahuan ruas garis berarah,anda dapat lukis titik P’ yang memenuhi syarat di atas.

0 komentar: